Rabu, 29 Oktober 2014

antrofologi hukum

Materi Antropologi Hukum

Antrofologi hukum dan macam-macam antrofologi

A.      Definisi Antropologi Hukum
       Antropologi berasal dari bahasa Yunani, Antropos yang artinya manusia dan Logos yang artinya        ilmu.

       Ilmu tentang hayati terdiri dari:
1.     Paleo Antropologi, yaitu mempelajari tentang asal usul manusia dan perkembangannya. Metode           yang digunakan dengan penggalian fosil-fosil. Bagian yang dipelajari adalah organ-organ dalam         tubuh.
2.      Antropologi Fisik, yaitu mempelajari bentuk-bentuk manusia, baik bagian dalam maupun bagian         luar tubuh. Tujuannya mempelajari corak ragam manusia.
      Pembagian Antropologi
      Antropologi mempelajari perkembangan kehidupan manusia dan budayanya, dengan cabang-             cabang ilmu, diantaranya; ilmu PraSejarah untuk mempelajari kehidupan asal usul manusia, dan         untuk mengetahui ragam bahasa manusia maka harus mempelajari Etnolinguistik, sedangkan ilmu       yang mempelajari cara manusia berbangsa dan berbudaya disebut Etnologi.

      Antropologi adalah studi ilmu yang mempelajari tentang manusia dari Aspek Budaya, Perilaku,           Nilai, Keanekaragaman, dan lainnya.
      Antropologi terbagi dalam:
1.       Antropologi Ekonomi,
2.       Antropologi Politik,
3.       Antropologi Pendidikan,
4.       dan Antropologi Hukum.

Antropologi Hukum merupakan ilmu yg mempelajari manusia dengan kebudayaan, khususnya di bidang Hukum, atau ilmu tentang Manusia dalam kaitannya dengan Kaidah-kaidah sosial yang bersifat Hukum.

itulah sidikit gambaran umum tentang filsafat hukum, semoga bermanfaat bagi Anda .Terima Kasih 

0 komentar: