Jumat, 31 Oktober 2014

tips mengurangi sakit batuk

Penyebab Penyakit Batuk
Definisi penyakit batuk 
Batuk adalah salah satu keluhan yang sering diungkapkan pasien kepada dokter. Batuk sebenarnya adalah suatu cara yang penting bagi tubuh kita untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan kita. Tetapi batuk yang berlebihan dapat berarti bahwa kita mempunyai suatu gangguan atau penyakit.

Batuk ada yang kering, ada pula yang produktif. Batuk produktif adalah batuk yang berdahak. Dahak disebut juga sputum atau reak.

Batuk dapat akut atau kronik.
1.       Batuk akut biasanya timbul mendadak. Seringkali disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus (sinusitis). Batuk akut biasanya hilang setelah 2 sampai 3 minggu.
2.       Batuk kronik biasanya berlangsung lebih dari 2 sampai 3 minggu.

Penyebab Umum
Disamping infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti influenza, penyebab batuk yang paling sering adalah:
1.       Alergi dan asthma
2.       Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis akut.
3.        Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronik, ephysema
4.       Sinusitis yang menyebabkan postnasal drip.
5.       Penyakit paru seperti bronkiektasis, tumor paru.
6.       Gastroesophageal reflux disease (GERD) ini artinya cairan lambung balik ke tenggorokan,                  orangnya suka bertahak asam atau pahit.
7.       Merokok
8.       Terpapar asap rokok (perokok pasif)
9.       Terpapar polutan udara
10.   Obat darah tinggi golongan ACE Inhibi

Perawatan Rumah
Beberapa tips untuk mengurangi batuk:
1.  Permen obat batuk atau permen pedas dapat menolong pada batuk yang kering dan menggelitik.         Tidak boleh diberikan pada anak-anak berusia dibawah 3 tahun karena dapat tersedak menyumbat       jalan nafas.
2. Menghirup uap hangat dapat menolong batuk kering dengan cara meningkatkan kelembaban di           udara.
3. Minum lebih banyak cairan dapat mengencerkan dahak di tenggorokan sehingga mudah                       dibatukkan keluar.

Beberapa obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter antara lain yang mengandung:
1. Guaifenesin (Cohistan Expectorant, Probat, Bisolvon Extra, Actifed Expectorant, dll). Yang harus       diingat adalah jika minum obat-obatan yang mengandung Guaifenesin adalah harus minum banyak     air.

2. Dekongestan seperti pseudoephedrine (Actifed, Actifed Expectorant, Disudrin, Clarinase, Rhinos       SR, Triaminic, dll). Obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine ini dapat digunakan untuk           menghentikan pilek encer (meler) dan postnasal drip. Tidak boleh digunakan jika ada penyakit           darah tinggi atau untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun kecuali atas resep dokter anda.

semoga bermanfaat............terima kasih..............

0 komentar: