Kamis, 20 November 2014

lingkungan sosial


Lingkungan Sosial

Sebelum membahas mengenai permasalahan dalam lingkungan sosial manusia, ada baiknya mengetahui lebih dulu mengenai apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial itu sendiri. lingkungan sosial merupakan sebuah hubungan yang didalamnya terdapat interaksi antara masyarakat dan lingkungannya.
Sikap yang ditunjukkan oleh masyarakat terhadap lingkungannya biasanya dipengaruhi oleh nilai sosial, karena hal tersebut adalah hubungan antara keduanya. Jika nilai sosial yang ada dalam lingkungan masyarakat berubah atau bergeser, sikap masyarakat itupun akan juga bergeser atau berubah keadaannya.
Hal inilah yang menyebabkan hubungan antara manusia dan lingkungan selalu berjalan secara dinamis. Hal ini tetap berjalan terlepas dari baik dan buruknya lingkungan sosial tersebut.
Lingkungan sosial yang ada pada masyarakat saat ini biasanya dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1.       Lingkungan Sosial Primer. Dalam lingkungan ini terdapat hubungan yang terjalin erat antara anggota satu dengan anggota lainnya. Anggota yang ada dalam lingkungan ini satu sama lain saling mengenal dan dekat dengan anggota lainnya.
2.       Lingkungan Sosial Sekunder. Lingkungan sosial ini terlihat dari hubungan anggota yang satu sama lain terlihat longgar.
3.       Tujuan dari dibangunnya hubungan msyarakat dalam lingkungan ini di antaranya;
4.       Untuk membangun rasa satu kesatuan yang terdapat dalam Pancasila yang memang ditanamkan demikian untuk membangun kedekatan satu sama lain.
5.       Supaya tertanaman rasa tolerasi di antara anggota masyarakat tersebut sehingga setiap angggota dapat masuk ke dalam kelompok masyarakat
6.       Agar timbul rasa sosial di antara individu karena saling merasa ketergantungan. Hal ini berkaitan erat dengan kepedulian sosial dalam masyarakat
7.       Adanya nilai-nilai demokrasi yang tumbuh dengan melahirkan sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lainnya, sehingga terciptalah rasa kesatuan di dalamnya.
Dari uraian mengenai lingkungan sosial di atas, mungkin Anda akan menyadari betapa pentingnya kehidupan sosial yang terjalin antarmanusia. Seperti yang sudah diketahui, manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa campur tangan orang lain.
Lingkungan bermasyarakat ini merupakan sebuah kehidupan sosial yang memerlukan hadirnya kelompok masyarakat, yang memang pada dasarnya memaksa setiap individu agar dapat menyesuaikan dirinya dengan segala peraturan, nilai-nilai, maupun adat yang terdapat dalam kelompok masyarakat tersebut.
Dengan kehidupan bermasyarkaat tersebut, ada saatnya lahir sebuah masalah dari lingkungan sosial yang pada umumnya dapat terjadi di masyarkat kalangan manapun. Masalah-masalah yang timbul akibat dari perubahan lingkungan sosial ini pada umumnya adalah akibat dari ketidaksinambungan lingkungan tersebut dengan anggotanya. Masalah-masalah inilah yang kemudian memberikan dampak, baik itu dampak positif maupun negatif bagi lingkungan tersebut.
Saat ini seperti yang sudah diketahui, Indonesia sedang menghadapi masalah-masalah dari lingkungan sosial di berbagai bidang, salah satu masalah yang terjadi dalam llingkungan tersebut disebabkan oleh adanya perubahan sosial masyarakat yang sudah dijelaskan sedikit di atas.
Perubahan inilah yang menyebabkan sebuah dampak yang baik atau pun positif yang berbentuk sebuah kemajuan atau kemunduran dari suatu kelompok masyarakat tersebut.
Perubahan Sosial dalam Lingkungan Sosial
Peningkatan perubahan sosial yang dialami oleh masyarakat mengenai lingkungan sosial ini di antaranya;
1.       Berkembangnya konflik sosial yang terjadi dengan atau tanpa kekerasan yang terjadi di masyarakat. Konflik ini biasanya terjadi akibat persaingan, perbedaan atau lainnya yang menimbulkan rasa sosial yang kurang menerima  dengan adanya perbedaan dan juga persaingan tersebut. konflik ini terjadi berkaitan erat sekali dengan proses mempersatukan masyarakat secara sosial dan mementingakn kata persatuan yang terjalin dalam kehidupan secara bermasyarakat.
2.       Peningkatan angka pengangguran dan juga kemiskinan merupakan suatau masalah lingkungan sosial yang tidak bisa kita abakan begitu saja. seperti yang sudah kita ketahui, khususnya di Indonesia saat ini angka pengangguran dan kemiskinan setiap tahunnya terus meningkat. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Persoalan ini muncul akibat kurangnya lahan pekerjaan untuk masyarakat. Hal ini  diakibatkan karena kurangnya pengetahuan atau pendidikan. Banyak lapangan pekerjaan yang memecat dan mem-PHK-kan karyawannya yang kemudian menimbulkan bertambahnya angka pengangguran di Indonesia. Selain itu kemiskinan juga disebabkan oleh faktor ekonomi dan juga sistem politik yang mungkin tidak sebanding dengan kondisi di Indonesia saat ini.
3.       Masalah lingkungan sosial lainnya yang terjadi di masyarakat khususnya Indonesia lainnya adalah ledakan jumlah penduduk yang tidak terkontrol lagi. Ledakan jumlah penduduk di Indonesia ini memang sangat tinggi angkanya. Hal ini disebabkan oleh tidak dibatasinya angka kelahiran masyarakat Indonesia dan juga banyaknya perkawinan yang dilakukan pada usia dini. Walau pun masyarakat Indonesia pada umumnya mengetahui mengenai Program Keluarga Berencana, namun hal tersebut belum bisa efektif menekan jumlah kelahiran di Indonesia.
4.       Meningkatnya kesenjangan sosial yang terjadi pada lingkungan masyarakat Indonesia. Kesenjangan sosial terutama kesenjangan sosial ekonomi yang terjadi di lingkungan masyarkat Indonesia dapat dikatakan sebagai sebuah ketidakseimbangan yang terjadi di lingkungan bermasyarakat dalam kesempatan untuk bekerja, kesempatan untuk berusaha, dan juga kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Sehingga terbentuk lah benteng yang membatasi mana si miskin dan mana si kaya.
5.       Perkembangan zaman meengaruhi gaya hidup masyarakat. Seperti yang sudah diketahui, masyarakat Indonesia saat ini cenderung lebih suka untuk mengikuti mutlak pengaruh yang berasal pengaruh dari barat. Sehingga saat ini masyarakat Indonesia banyak yang berpola hidup kebarat-baratan terutama pola hidup yang terjadi pada generasi muda.
6.       Menurunnya masyarakat yang melestarikan adat istiadatnya. Permasalahan dalam lingkungan sosial ini memang cukup memprihatinkan. Pasalnya, generasi muda bangsa Indonesia seolah tidak peduli terhadap adat tradisional Indonesia pada umumnya dan menganggap kebudayaan barat lah yang wajib dan bagus untuk diikuti. Hal inilah yang kemudian menenggelamkan budaya Indonesia sendiri dan mungkin akan menjadi punah dengan sendirinya.
7.       Distribusi masyarakat penduduk yang tidak merata banyak menimbulkan masalah baru dalam lingkungan sosial di Indonesia. Adanya sistem urbanisasi yang menyebabkan banyak masyarakat desa yang berpindah ke kota untuk mengubah nasibnya menyebabkan meningkatnya penduduk kota. Hal ini kemudian membuat banyaknya masyarakat desa bekerja sebagai pengemis atau pemulung yang tidak memiliki tujuan tempat atau sanak saudara di kota. Selain itu, dengan padatnya penduduk di kota menyebabkan banyaknya aksi kriminal yang dilakukan oleh masyarakat.
8.       Dalam sebuah lingkungan sosial, tentu terdapat berbagai macam masalah. Salah satunya adalah masalah kesehatan. Banyak saat ini penyakit yang belum bisa ditanggulangi. Sehingga angka kesehatan yang ada di masyrakat ini masih banyak yang tidak dipedulikan. Inilah yang harus disadari oleh masyakat banyak akan pentingnya sebuah lingkungan yang sehat dan menjadikan masyarkat yang sehat pula.
Banyak masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sosial yang mungkin banyak yang dialami sendiri, misalnya masalah sosial kenakalan remaja, kurangnya tingkat pendidikan, penyalahgunaan narkoba dan rusaknya moral anak bangsa yang saat ini begitu memprihatinkan.
Hal demikian memang merupakan segelintir maslah yang timbul di lingkungan sosial sekitar masyarakat Indonesia. Masalah-masalah sosial demikian harus lah mendapatkan perhatian yang lebih dari masyarkat dan juga pemerintah itu sendiri. Karena pada dasarnya masyarakat hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah yang rela dan sigap dalam membangun negeri ini supaya menjadi sebuah negeri yang damai dan menjadi negeri yang dihormati oleh negara-negara lainnya.
Lingkungan sosial memang menjadi salah satu faktor pembangun moral, tatakrama, dan juga pola pikir sebuah masyarakat. Oleh karena itu, pembangunan lingkungan perlu dilakukan sebaik-baiknya, juga untuk melindungi masyarakat dari pengaruh buruk yang dihasilkannya.


Terima kasih......

0 komentar: