Jumat, 21 November 2014

Pengertian pengendalian sosial


Definisi Pengendalian Sosial
Di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, ada berbagai tipe manusia yang hidup di dalamnya, saling berhubungan, bersosialisasi dan bekerja sama. Adanya bentukpengendalian sosial merupakan sebuah aturan yang taktertulis yang nantinya akan berdampak baik bagi kehidupan sosial itu sendiri.

Kehidupan manusia yang memiliki karakter yang berbeda-beda dan perilaku yang berbeda-beda pula itu hanya akan terjalin dengan baik dan harmonis jika ada norma-norma yang akan menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
Sudah Tidak dapat dipungkiri lagi, dengan berbagai macam karakter dan perilaku manusia yang berbeda-beda di dalam masyarakat, akan dapat menciptakan berbagai perilaku menyimpang yang dapat menyebabkan timbulnya keresahan di dalam masyarakat. Untuk itulah diperlukan pengendalian sosial agar kehidupan masyarakat baik dalam lingkungan sosialnya maupun dalam kehidupan bernegara dapat berjalan teratur dan tercipta keamanan, keselarasan dan keharmonisan.Pengendalian sosial itulah yang dimaksudkan dengan norma.
Norma-norma itulah yang akhirnya menjadi suatu pegangan pengendalian sosial. Norma-norma tersebut akan mengatur perilaku manusia agar dapat diterima di dalam masyarakat dan lingkungan sosialnya.

Pengertian Pengendalian Sosial
Ada banyak pengertian pengendalian sosial. Pengendalian sosial secara umum dapat diartikan sebagai suatu tatanan atau proses, baik yang direncanakan atau tidak direncanakan, yang dilakukan oleh anggota masyarakat untuk mengendalikan berbagai individu dan kelompok yang ada di lingkungannya agar dapat memiliki perilaku yang sesuai dan selaras dengan nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Menurut Berger, 1978, pengendalian sosial juga dapat diartikan sebagai suatu aturan yang diterapkan oleh masyarakat untuk mengatur anggota-anggotanya. Pengendalian sosial juga berarti sebagai suatu proses yang dilakukan oleh sekelompok orang atau masyarakat. Proses itu akan membuat seluruh orang yang menjadi anggota masyarakat tersebut dapat berperilaku dan bertindak sesuai dengan aturan yang ada di dalam masyarakat.

Adanya beberapa pengertian pengendalian sosial di atas, telah jelas bagi kita bahwa pengendalian sosial itu sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan pengendalian sosial maka akan tercipta suatu masyarakat dan individu yang memiliki perilaku yang sesuai dengan norma-norma yang ada di masyarakat sehingga kehidupan bermasyarakat tersebut berlangsung secara harmonis dan selaras.

Pengendalian sosial akan mampu mengendalikan berbagai keadaan yang dapat meresahkan kehidupan masyarakat yang berada di dalam suatu wilayah atau lingkungan tertentu. Pengendalian sosial juga sangat berguna untuk mengatur berbagai kepentingan agar tidak mengganggu kepentingan lainnya di dalam masyarakat termasuk di dalamnya adalah kepentingan untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi setiap individu di dalam masyarakat tersebut.

itulah pengertian pengendalian sosial ,semoga dapat bermanfaat buat  anda, terima kasih...............

0 komentar: