Peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar.
Hal ini erat kaitannya dengan pemaknaan belajar. Anak akan
tertarik belajar sesuatu jika yang dipelajari itu sedikitnya sudah dapat
diketahui atau dinikmati manfaatnya bagi anak.
Motivasi
menentukan ketekunan belajar.
Bentuk-bentuk motivasi dalam sekolah : memberi nilai,
hadiah, persaingan sehat, hasrat untuk belajar, keterlibatan diri dalam tugas,
sering memberikan ulangan, memberitahukan hasil,kerja sama, tugas yang
menantang, pujian, teguran dan kecaman, hukuman, taraf aspirasi, minat,
penciptaan suasana yang menyenangkan, tujuan yang disukai dalam
petunjuk-petunjuk singkat.
Kebutuhan
tampak dalam prilaku.
Beberapa indikasi tentang berbagai macam perilaku
murid-murid diantaranya:
a. Bagaimana
siswa-siswi memandang dunia di sekitarnya ?
b. Bagaimana
siswa-siswi tersebut bereaksi terhadap guru, pelajaran dan kawan-kawannya?
5. Teori
kebutuhan.
- fisiologis
- Kebutuhan rasa aman
- Kebutuhan mempertahankan diri
- Kebutuhan cinta
- Kebutuhan harga diri
- Kebutuahn mengembangakan diri.
- Kebutuhan aktualisasi diri
0 komentar:
Posting Komentar