Selasa, 11 November 2014

pengertian motivasi dan motivasi menurut para ahli

hello sobat, dunia sekarang semakin berkembangnya dinamika sosial sehingga banyak orang ikut terbawah oleh arus, terjadi krisis jati diri.sehingga untuk memotivasi diri sendiri sangat sulit, sehingga banyak lahir motivator-motivator, berikut artikel tentang pengertian motivator......
 

1.     Pengertian Motivasi
Secara etimologi motivasi artinya dorongan, kehendak, alasan atau kemauan. Sementara motivator adalah tenaga-tenaga (forcer) yang membangkitkandan mengarahkan kelakuan individu.
          Motivasi tidak dapat diamati secara langsung akan tetapi dapat diinteprestasikan dalam tingkah lakunya, berupa rangsangan, dorongan atau pembangkit tenaga munculnya suatu tingkah laku yang tertentu.
Berawal dari kata motif maka motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif pada saat-saat tertentu, terutama bila kebutuhan untuk mencapai tujuan sangat dirasakan mendesak.

2.     Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli
Motif  merupakan suatu driving force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah laku, dan di dalam perbuatanya itu mempunyai tujuan tertentu. Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu di mulai dengan motivasi (niat).
Menurut Wexley & Yukl bahwa motivasi adalah pemberian atau penimbulan motif, dapat pula diartikan hal atau keadaan menjadi motif. Sementara Mitchell mengemukakan bahwa motivasi mewakili proses- proses psikologikal, yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela (volunter) yang diarahkan ke tujuan tertentu. Tidak jauh berbeda Soemanto secara umum mendefinisikan motivasi sebagai suatu perubahan tenaga yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi- reaksi pencapaian tujuan. Karena kelakuan manusia itu selalu bertujuan, kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan tenaga yang memberi kekuatan bagi tingkahlaku mencapai tujuan telah terjadi di dalam diri seseorang.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah merupakan sejumlah proses- proses psikologikal, yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela (volunter) yang diarahkan ke tujuan tertentu, baik yang bersifat internal, atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistensi.

3.     Pengertian Belajar
Belajar adalah suatu proses interaksi diri yang melibatkan fisik, psikis dan lingkungan untuk mencapai tujuan , yaitu adanya perubahan yang bersifat progressif (maju) dalam ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (perilaku).

4.     Prinsip-prinsip Motivasi Belajar
Prinsip-prinsiop motivasi belajar:
1.    Proses internal yang mengaktifkan, memadu dan mempertahankan prilaku dari waktu ke waktu.
2.    Dapat ditingkatkan dengan penekanan tujuan-tujuan belajar dan pemberdayaan antribusi.
3.    Dapat meningkat apabila guru membangkitkan minat siswa.
4.    Dapat meningkat pada diri siswa apabila guru memberikan ganjaran yang memiliki kontigen (keterkaitan), spesifik dan dapat dipercaya.

0 komentar: